Rabu, 26 Oktober 2011

Tips Optimasi Speed Internet Dengan DNS

cara percepat koneksi internet dengan namebench

Tingkat kecepatan internet sangat menentukan hasil kinerja anda, apalagi jika anda adalah seorang blogger. Seorang blogger sebaiknya memiliki koneksi internet dengan tingkat kecepatan yang mumpuni guna dapat menyelesaikan sederet pekerjaan terkait blogging tanpa tersandung permasalahan lola.

Jika kita menggunakan jenis koneksi seperti Speedy, mungkin kita tidak perlu lagi kuatir dengan permasalahan speed. Lain halnya dengan menggunakan modem dial-up dengan bermodalkan paket regular, tentunya kita akan sering terbawa rasa bosan karena harus berbagi bandwidth dengan batas kecepatan minus sehingga tingkat kecepatan internet terasa sangat lambat.

Domain Name Server (DNS) merupakan penerjemah yang mengkonversi nama website untuk alamat IP. Saat anda mengklik pada hyper-link, atau memasukkan alamat seperti www.facebook.com di browser anda, browser kemudian mengirimkan nama itu ke Server DNS yang membantu rute permintaan ke alamat IP yang tepat URL tersebut. Jika anda mengkonfigurasi ISP koneksi internet anda sudah diatur untuk menggunakan layanan DNS ISP. Namun, anda bebas menggunakan alternatif lain.

Dengan demikian, anda dapat menggunakan Open DNS atau bisa juga menggunakan Google Publik DNS untuk menggantikan DNS ISP anda. Open DNS menawarkan konten-filtering pilihan untuk privasi dan keamanan. Google Public DNS telah dibangun oleh Google untuk performa yang lebih cepat dan juga keamanan yang lebih baik. Namun, karena variabel kompleks yang terlibat, tidak ada opsi tunggal dapat dikatakan menjadi yang terbaik untuk semua. Jadi bagaimana anda mengetahui DNS adalah yang tercepat untuk anda? anda dapat menggunakan tool NameBench, yaitu tool gratis untuk membantu anda menemukan DNS yang paling tepat.

Silahkan download tool-nya (klik disini).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar