Sabtu, 18 Juni 2011

Deskripsi Domain, Bandwidth, Intranet, Dll

belajar ilmu internet
Teknologi informasi begitu pesat mengalami kemajuan. Internet yang dahulunya hanya dapat diakses oleh kelompok dan orang-orang tertentu saja saat ini sudah menjadi sajian masyarakat setiap harinya. Bagi sebagian orang yang masih terlalu awam dengan dunia internet, mungkin masih banyak yang mereka belum tahu tentang istilah-istilah yang berhubungan dengan lingkup internet. Posting ini akan menjelaskan definisi dari beberapa hal yang mungkin belum anda ketahui tentang internet.

Apa itu Intranet? Apa yang dimaksud Domain? Apa kegunaan Bandwidth?

APA ITU BETA?
Beta adalah tahapan/versi dari suatu software atau aplikasi. Dalam istilah pembuatan software terdapat istilah beta s/d final. Penjabaran dari versi/tahapan beta adalah, software tersebut sedang dalam masa pengujian oleh software maker (pembuat software) dimana software tersebut dapat dinikmati secara gratis oleh para netter (pengguna internet) diseluruh penjuru dunia. Akhir dari semua versi/tahapan terkait pembuatan software atau program disebuat dengan nama/versi final. Setelah versi final diorbitkan, maka itu adalah tahapan/versi terakhir dari pembuatan software/program itu sendiri.

APA ITU WI-FI?
Wifi adalah jaringan nirkabel (jaringan tanpa kabel). Jaringan ini dibangun dengan menggunakan frequensi signal sebagai penghubung.

APA ITU LAN?
LAN adalah singkatan dari Local Area Network. LAN merupakan sebuah jaringan local, bisa terdiri dari dua, tiga, hingga empat computer atau bisa juga lebih. Jika LAN hanya terdiri dari dua buah computer, maka selain disebut Jaringan Lokal jaringan ini juga identik dengan sebutan Peer to Peer

APA ITU INTERNET?
Setiap netter pasti tau apa fungsi dari internet, namun jika disuruh untuk mendefinisikan mungkin tidak semua bisa memberikan jawaban. Internet adalah jaringan terbesar dari semua bentuk jaringan yang bisa dibuat. Secara mudahnya internet juga bisa diartikan demikian “milyaran computer yang saling terhubung antara satu sama lain”.

APA ITU INTRANET?
Jika internet itu bersifat global/unlimited, maka lain halnya dengan intranet. Intranet juga merupakan jaringan terbatas. Biasanya pengguna jaringan ini merupakan sebuah instansi, perusahaan ataupun lembaga pendidikan. Seperti halnya indosat, operator seluler ini juga menggunakan jaringan intranet.

APA ITU GADGET?
Gadget adalah perangkat; seperti Handphone, Laptop, dsb.

APA ITU OS?
OS (operating system). Berfungsi untuk menggerakkan suatu perangkat sejenis computer, handphone, tablet PC, dsb. Pastinya kita tau bahwa tanpa adanya system operasi (OS) maka semahal apapun computer atau handphone itu tidak akan ada artinya karena system operasi (OS) diibaratkan sebagai nyawa, jika tanpa nyawa maka organ tubuh kita tidak akan bisa bergerak/beraktifitas, begitu juga dengan computer maupun handphone ketika tanpa OS.

APA ITU BANDWIDTH?
Jika menyinggung tentang internet, maka kita tidak akan lepas dari yang namanya bandwidth. Ia berfungsi untuk mengatur trafik dari suatu website. Ibarat sebuah rumah, misalkan kita punya rumah seluas 5x10 meter, kemudian jumlah orang yang akan kita tampung dalam rumah tersebut jumlahnya adalah ribuan, maka pastinya rumah tersebut tidak akan muat. Begitu juga dengan bandwidth, jika situs/website anda terlalu sibuk hingga melebihi batas bandwidth yang anda miliki maka website anda akan bermasalah, seperti loading terlalau lama atau bahkan tidak bisa dibuka.

APA ITU BLOG?
Blog adalah tool, dimana kita bisa membuat sebuah webpage (halaman web), membuat posting dan lain sebagaianya. Blog juga bisa dikatakan sebagai bentuk lain dari website. Biasanya blog banyak kita jumpai dengan menggunakan sub domain, sementara website menggunakan custom domain. Contoh blog dengan menggunakan sub domain http://geosya.blogspot.com, dan website dengan menggunakan custom domain http://geosya.com

APA PERBEDAAN BLOG DENGAN WEBSITE?
Dari deskripsi tentang blog yang terurai diatas, secara sederhana pastinya anda sudah bisa membedakan apa perbedaan blog dengan website.

APA ITU DOMAIN?
Alamat URL adalah kependekan dari Uniform Resource Locator, atau lebih mudahnya URL adalah sebuah alamat situs atau blog. Seperti http://websiteku.com atau http://websiteku.blogspot.com
URL sebenarnya terdiri dari sederet kode yang sangat panjang. Nah dengan adanya domain, maka URL tersebut disingkat/diganti seperti pada contoh diatas.

APA ITU WEB HOSTING?
Ibarat sebuah rumah, akan terdapat beberapa ruangan/kamar dengan fungsi masing-masing. Terdapat juga almari dan sebagainya. Setiap website/blog pasti memiliki beberapa data dan juga file. Pertanyaanya adalah “bagaimana data dan file tersebut bisa tersimpan?” jawabannya adalah karena setiap website/blog pasti menggunakan hosting.

APA ITU HTML?
HTML adalah singkatan dari Hyper Text Mark Language, kalau diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia yaitu sebagai berikut “text atau tulisan yang di hyper/ditandai. Dengan kita meng-hyper text tersebut, maka output/hasil dari pengetikan text tersebut akan terlihat berbeda dari output text seperti yang kita jumpai pada Microsoft word maupun aplikasi-aplikasi sejenis lainnya. HTML juga bisa diartikan sebagai bahasa pemograman web, dimana dalam hal ini penggunaannya adalah untuk mendisain isi dan tampilan website/blog.

APA ITU DIAL UP?
Ketika suatu computer dapat terhubung ke internet, maka pastinya hal tersebut dikarenakan kita menggunakan perangkat penghubung, perangkat penghubung tersebut disebuat sebagai modem. Dial up adalah seperangkat protokol dan software yang digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer ke internet service provider (ISP). Dari beberapa ISP yang ada di Indonesia diantaranya adalah, Telkomsel, XL, Esia dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar