Senin, 08 Agustus 2011

Perbedaan Masing-masing Domain Gratis

Free domain CO.CC
Perbedaan Masing-masing Domain Gratis
Penyedia domain gratis CO.CC bisa dikatakan sebagai penyedia free domain paling populer dan paling banyak digunakan saat ini dan Indonesia adalah termasuk pengguna CO.CC terbanyak di dunia. Sekarang saja terdapat kurang lebih 115.682 pengguna domain gratisan CO.CC yang berasal dari Indonesia (update 10 0ktober 2009). Tidak heran jika para webmaster Indonesia khususnya mereka yang baru belajar membuat website dan mereka yang masih coba-coba lebih tertarik dengan free domain CO.CC ini karena terkesan seperti domain berbayar dan tampak sederhana.

Dengan domain gratis dari CO.CC, anda dapat memiliki nama domain seperti www.yournamehere.co.cc. Fitur-fitur yang diberikan penyedia domain gratis CO.CC juga tidak kalah pentinng. Ada tiga fitur utama domain gratis dari CO.CC yang dapat anda manfaatkan, yakni:

→ DNS (Domain Name Server) Management
→ Zone Records
→ URL Forwarding

Dari ketiga fitur di atas, fitur DNS Management yang menurut saya paling hebat. Kenapa? karena dengan adanya DNS Management anda benar-benar dapat memiliki nama domain gratis layaknya nama domain berbayar. Dengan fitur ini, anda dapat , menyatukan domain anda dengan web hosting anda, cukup dengan menambahkan nama nameserver hosting anda, misal ns1.yourhostingserver.com

Selain itu, free domain gratis CO.CC juga mendukung CNAME, A, dan MX Records, yang dapat anda gunakan untuk aplikasi email gratis seperti Google Apps dari Google dan Windows Live dari Microsoft. Semuanya dapat anda miliki secara cuma-cuma alias gratis dan tanpa iklan sama sekali alias free and no ads!. Dan lagi, bagi anda yang ingin berjualan atau yang ingin memiliki toko online, free domain CO.CC sudah menyediakan website toko online anda dengan gratis disertai domain gratis pula seperti www.yournamehere.cc.cc. Anda hanya tinggal mengisi produk-produk anda sendiri. Free online store dari CC.CC juga sudah terintegrasi dengan paypal sehingga anda dapat memanfaatkan paypal sebagai alat pembayaran toko online store anda.

Free domain CO.TV
Layanan nama domain gratis CO.TV terbilang masih baru dan belum banyak dikenal. Dibandingkan dengan pendahulunya yakni CO.CC, layanan free domain CO.TV masih tertinggal jauh. Hal ini bisa dilihat dari jumlah domain yang telah terdaftar. Sebagai contoh, jumlah domain yang sudah ada di CO.TV baru mencapai 21.583 domain sedangkan CO.CC melesat jauh mencapai 3,112,908 domain (update 10 Oktober 2009). Mungkin ini dikarenakan layanan free domain name CO.TV belum lama diluncurkan bila dibandingkan free domain name CO.CC. Meskipun begitu, layanan domain gratis CO.TV besar kemungkinan bisa menjadi pesaing berat free domain CO.CC. Ini bisa dengan dilihat yang hanya beberapa bulan saja sudah tercatat ribuan domain CO.TV yang terdaftar.

Keuntungan lain dari CO.TV tentu saja ketersediaan nama domain yang cukup besar. Anda mempunyai peluang lebih besar untuk melakukan registrasi nama domain CO.TV anda seperti www.yournamehere.co.tv bila dibandingkan pendahulunya. Fitur yang disediakan juga tidak kalah menarik. Bisa dikatakan hampir sama dengan CO.CC yakni DNS Management, Zone Records (MX, CNAME, A) dan URL Fordwarding. Namun ada satu hal yang membuat berbeda yakni CO.TV menyediakan fitur Free Site Builder Tool untuk setiap nama domain gratis, yaitu tool yang digunakan secara online untuk membuat website anda. Dengan adanya Free Site Builder Tool ini, anda dapat memiliki website dengan nama domain CO.TV hanya dengan 5 langkah sederhana dan tanpa perlu melakukan desain situs anda.

Free domain CZ.CC
Ada satu layanan domain gratis yang mirip dengan CO.CC yakni free domain CZ.CC. Layanan domain gratis yang satu ini tidak begitu dikenal bila dibandingkan dengan free domain CO.CC maupun CO.TV. Tapi tidak ada salahnya seandainya kita melakukan pendaftaran nama domain CZ.CC. Fitur yang disediakan juga cukup menarik seperti Free DNS Service, mendukung CNAME, MX, A, dan SOA Records, serta URL Forwarding dan tanpa iklan.

Free domain UNI.CC
Terakhir, layanan domain gratis yang perlu anda coba adalah free domain UNI.CC. Domain gratis UNI.CC juga menyediakan fitur yang pada dasarnya sama dengan fitur-fitur di atas seperti Domain Name Server Management, Zone Records, dan URL Fordwarding atau URL Redirect. Jika anda tertarik dan ingin mendapatkan nama domain gratis seperti www.yournamehere.uni.cc. Silahkan mencobanya. UNI.CC gratis, tanpa iklan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar