Senin, 07 November 2011

Komputer Loading Lama, Hang: Analisa CPU Usage 100%

cara mengatasi cpu usage 100%
CPU Usage 100% akan membuat kinerja komputer berjalan tidak normal, bahkan hang. Pemicu terjadinya CPU Usage 100% sedikit beragam, akan tetapi pada kebanyakan kasus adalah dikarenakan banyaknya program/aplikasi yang sedang berjalan.

Jika kita sudah meminimalisir program/aplikasi aktif kemudian CPU Usage tetap saja masih mencapai level 100% maka kecurigaan terbesar adalah dikarenakan kinerja virus. Jika suatu komputer sudah terinfeksi oleh virus, maka virus bisa menghabiskan kapasitas penggunaan CPU sehingga terjadilah CPU Usage 100%.

Meski dalam hal ini virus sering kali menjadi biang keladi, namun hal tersebut juga tidak serta merta disebabkan oleh kinerja virus.

Untuk memastikan penyebab terjadinya CPU Usage 100%, Berikut ini adalah beberapa langkah diagnosa untuk mengetahui real permasalahannya:

1. Virus

Virus tetap menjadi target utama terhadap langkah-langkah diagnose yang akan dilakukan. Scan komputer anda dengan antivirus yang berkualitas, seperti Norton, AVG, Kaspersky, dsb.

2. Startup

Tidak jarang program/aplikasi yang kita install di komputer kita akan melakukan startup secara otomatis saat windows logon. Silahkan lakukan pengecekan dengan cara: Start > Run > ketikkan msconfig. System Configuration Utility akan muncul, silahkan navigate ke tab Startup kemudian lakukan konfigurasi.

3. Hardware: Kabel konektor dalam CPU, FAN/Kipas, Elco Mainboard.

Periksalah masing-masing komponen diatas, jika anda mendapati terjadi kerusakan atau permasalahan pada komponen hardware tersebut silahkan lakukan pembenahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar