Selasa, 29 November 2011

Pemahaman Lebih Jauh Tentang Alexa

Alexa merupakan juri pemberi ranking terhadap suatu weblog. Alexa sangat familiar bagi kalangan blogger manapun, karena setiap author weblog pasti akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan rank alexa-nya.

Secara teori alexa memberikan ranking terhadap suatu weblog berdasarkan lalu lintas atau trafik dari weblog tersebut, semakin sibuk trafik weblog tersebut maka semakin baik pula reputasinya dimata alexa yang berimbas pada pemberian ranking alexa yang lebih baik.

Meski demikian, ternyata terdapat cela lain yang patut untuk kita jadikan materi pembelajaran dan pertimbangan. Alexa juga memperhitungkan sisi sisi lain yang berdampak pada penentuan ranking terhadap suatu weblog. Selain karena factor trafik, sepengamatan saya alexa juga memperhitungkan nilai keakrapan suatu weblog dengan alexa. Semakin anda berusaha untuk mengenali alexa, maka alexa juga akan memberikan “benefit” terhadap anda. Bagaimana usaha keakarapan dengan alexa itu dibangun? Salah satu teori yang kita (sobat blogger) amalkan untuk mendongkrak ranking alexa adalah dengan memasang toolbar atau perangkat sejenis milik alexa pada web browser yang kita gunakan, karena dengan begitu alexa akan dengan lebih mudah untuk dapat memantau weblog kita. Ini lah yang dimaksud membangun keakrapan dengan alexa. Setelah mencoba mencermati, ternyata membangun komunikasi dengan alexa melalui cara yang seperti ini sangat memberikan dampak/nilai baik terhadap weblog kita.

Ketika kita sedang blogwalking, kita banyak menjumpai weblog dengan trafik yang sangat baik, ratusan bahkan hingga ribuan. Ironisnya weblog-weblog tersebut secara keseluruhan rank alexa-nya ternyata kurang baik jika dibandingkan dengan total trafik yang dimilikinya. Hal ini tentunya memberikan kita pemahaman bahwa trafik tinggi tidak selamanya menjadi sebuah jaminan untuk mendapatkan alexa rank yang baik.

Untuk memasang Toolbar alexa, silahkan menuju Dashboard alexa dengan menggunakan URL http://alexa.com

dashboard alexa

Kemudian pilih menu Toolbar

menuju toolbar alexa

Klik Install Alexa Extension

Jika anda menggunakan web browser Google Chrome, maka tampilannya akan seperti gambar dibawah.

pemahaman lebih jauh tentang alexa

Klik ADDED TO CHROME

Ikuti proses instalasi Toolbar sampai selesai.

Silahkan baca artikel lainnya mengenahi alexa:

Mengapa alexa penting?

Perbedaan sederhana mengenahi alexa rank dengan google pagerank

25 Situs teratas di Indonesia versi alexa per september 2011

Memanfaatkan alexa untuk menaikkan popularitas blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar