Jumat, 27 Januari 2012

Cara Mengatasi Komputer Gagal Start

Cara Mengatasi Komputer Gagal Start
Komputer gagal start penyebabnya cukup beragam, mulai dari terjadinya permasalahan pada hardware, operating system (OS) bermasalah, pengaruh virus dan sebagainya. Untuk dapat mengetahui penyebab pasti dari gagalnya start tersebut user perlu melakukan diagnosa guna dapat mengetahui darimana sumber trouble pemicu komputer gagal start.

Secara teori, komputer gagal start dapat dipicu oleh sebuah permasalahan yang sebenarnya sepeleh, namun system komputer tidak membedakan besar kecilnya suatu permasalahan, sesepeleh apapun permsalahan tersebut menurut kita (user) ia akan tetap berakibat fatal pada kinerja komputer. Oleh karena itu kita patut memperhatikan bahwa komputer yang akan kita gunakan sudah dalam kondisi siap pakai sehingga tidak terjadi trouble baik pada proses start up maupun ketika komputer sedang digunakan.

Bentuk permasalahan pada komputer yang sering kita jumpai adalah komputer gagal start. Bagaimana cara mengatasi komputer yang gagal start? Apakah harus melakukan instalasi ulang operating system?

Pada kebanyakan kasus, komputer gagal start disebabkan oleh hardisk yang bermasalah, permasalahan pada hardisk bisa berupa kerusakan fisik, dan juga non fisik. Jika hasil diagnosa sumber permasalahan mengacu pada hardisk, maka yang harus dilakukan tentunya memperbaiki hardisk tersebut. Selain hardisk, komputer gagal start juga dapat terjadi ketika arus listrik yang didapat tidak cukup. Selain dari kedua kemungkinan diatas, kita juga patut memeriksa kondisi kabel (IDE /Sata) apakah kabel sudah tersambung dengan benar, perlu dipastikan kondisi kabel masih bagus atau setidaknya kabel tersebut tidak mengalami kerusakan.

Komputer gagal start tidak selalu dikarenakan factor software dalam hal ini operating system (OS) yang seringkali diporak porandakan virus, gejala kerusakan/kelalaian pada instalasi kabel dan beberapa komponen hardware lainnya juga harus kita perhatikan guna menghindari komputer gagal start.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar