Sabtu, 25 Juni 2011

Langkah Langkah Promosi Website/Blog

tahapan cara promosi blog
Promosi blog menjadi begitu penting, karena pada umumnya tujuan utama sebuah blog dibangun adalah untuk mendatangkan pengunjung yang akan melihat informasi yang disediakan oleh blog bersangkutan. Namun permasalahannya, mendatangkan pengunjung yang tepat ke blog Anda tidaklah mudah. Bahkan proses ini ternyata menjadi lebih sulit daripada proses membuat blog itu sendiri. Jika Anda saat ini telah berhasil membangun sebuah blog, itu hanya merupakan langkah awal dari proses blog development. Karena salah satu indikator utama sukses atau tidaknya sebuah blog adalah seberapa besar ia bisa mendatangkan pengunjung yang tepat untuk melihat informasi yang Anda sediakan. Yang saya tegaskan disini adalah mendatangkan pengunjung yang tepat, bukan pengunjung yang banyak. Tepat dalam arti benar-benar membutuhkan informasi yang ada di blog Anda.

Banyak orang yang merasa kecewa karena telah menghabiskan banyak waktu untuk membuat sebuah blog, tetapi tidak mendatangkan hasil seperti yang diharapkan. Penjualan produk dan jasa yang ditawarkan melalui media blog tidak bisa meningkat seperti yang diharapkan. Semua ini bisa terjadi karena mereka kurang memperhatikan sisi promosi blog, yang sebenarnya merupakan ujung tombak dari proses pengembangan blog. Dalam hal ini banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan blog. Posting ini akan  memfokuskan pembahasan pada pemanfaatan search engine.

F A Q - Promosi Blog

Apa tujuan melakukan promosi blog secara online?
Pada prinsipnya, tujuan promosi blog sangat terkait dengan tujuan dibangunnya blog yang bersangkutan. Namun pada umumnya bertujuan untuk mendatangkan pengunjung potensial sebanyak-banyaknya, dengan harapan semakin banyak orang yang dapat melihat informasi yang disediakan pada blog tersebut. Dari segi bisnis akan lebih banyak orang yang mengenal produk/jasa yang ditawarkan.

Apa keuntungan promosi melalui search engine?
Lebih dari 80% pemakai internet mengandalkan search engine sebagai alat pencari informasi (berdasarkan research dari Georgia Tech's GVU Center). Jumlah ini akan terus bertambah mengingat search engine merupakan cara yang termudah dan tercepat dalam mencari informasi. Dengan terdaftarnya blog Anda di search engine berarti akan memudahkan orang lain mencari informasi produk/jasa yang Anda tawarkan. Yang lebih penting lagi, informasi Anda akan jatuh pada orang yang tepat, karena pencarian pada search engine disesuaikan pada keyword/kata kunci serta sistem pengelompokan direktori yang sangat terstruktur.

Apakah dengan terdaftar di search engine sudah bisa menjamin traffic pengunjung yang tinggi?
Belum tentu, terdaftar saja tidaklah cukup. blog Anda harus dioptimalkan agar mendapat posisi/rangking yang baik untuk kata kunci yang relevan dengan informasi yang Anda sediakan. Tidak usah berharap banyak jika blog Anda hanya mampu terdaftar di halaman ke 6 atau dibawahnya pada search result, karena tidak mungkin mendapatkan traffic yang berarti. Untuk itu Anda harus berjuang memperebutkan posisi di 2 atau 3 halaman pertama bersaing dengan ribuan bahkan jutaan blog lainnya.

Apa yang harus saya lakukan, agar blog saya bisa mendapat posisi yang baik?
Ada banyak metode optimasi yang harus Anda perhatikan, dan Anda bisa melakukannya secara bertahap. Anda bisa mengkombinasikan antara satu cara dengan cara lainnya, dan melakukannya secara konsisten hingga akhirnya blog Anda berhasil meraih posisi yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar