Kamis, 30 Juni 2011

Cara Upgrade RAM menggunakan External Disk

Cara Upgrade RAM menggunakan External Disk
Pernahkah anda terpikir kalau RAM pada CPU anda bisa ditambah dengan menggunakan external disk ? Dengan menggunakan media penyimpanan seperti Flashdisk atau Memory Card kini anda bisa melakukannya.

Upgrade RAM (Random Access Memory) sangat diperlukan jika kapasitas RAM yang ada masih sangat kecil sehingga komputer sangat lambat saat digunakan.

Lambatnya loading komputer akan membuat anda merasa kurang nyaman bahkan menjadi malas untuk beraktifitas, terlebih lagi jika aplikasi atau program yang anda buka tergolong berat yang dalam hal ini tentunya memerlukan kapasitas RAM yang lebih besar.

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Download eBoostr (Browse via Google)

  2. Install

  3. Restart komputer

  4. eBoostr akan langsung aktif, kemudian pada jendela konfirmasi silahkan pilih Yes.

  5. Biarkan software mendeteksi drive, atau browse secara manual perangkat yang akan anda jadikan  sebagai cache (Flashdik/MMC).

  6. Tentukan kapasitasnya

  7. Tunggu beberapa detik hingga muncul jendela konfirmasi, pilih Yes dan tunggu sampai proses selesai.
Setelah proses selesai, maka akan terdapat file dengan ukuran yang sangat besar pada Flashdisk/MMC (sesuai dengan cache yang anda tentukan sebelumnya). File tersebut dalam kondisi tersembunyi/hidden. Meski Flashdisk atau MMC sudah difungsikan sebagai RAM, namun anda tetap bisa menggunakan media storage tersebut untuk menyimpan data, dengan catatan masih memiliki space/ruang yang cukup.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar