Selasa, 14 Juni 2011

Mengganti suara windows start up dengan lagu

Cara mengganti suara pada saat windows start up
Tips mengganti suara windows start up
Konfigurasi efek suara windows

Pada saat pertama kali kita menyalakan computer (start up) maka akan muncul suara khas dari windows, begitu juga pada saat computer dimatikan (shut down).

Sebagian dari kita mungkin sudah merasa bosan karena suaranya itu itu saja. Pernahkah anda berpikir untuk mengganti suara tersebut dengan potongan lagu favorit anda atau anda juga bisa memasukkan suara anda sendiri sebagai suara yang keluar pada saat proses startup windows.

Caranya gampang kok! Pada postingan kali ini saya akan mencoba membagi tips untuk mengganti suara yang muncul pada saat windows startup.
Yang harus anda siapkan adalah sebuah potongan lagu atau suara apapun yang anda sukai. Untuk lagu sebaiknya anda cut terlebih dulu agar durasi mainnya tidak terlalu panjang. Jika kita memasukkan 1 lagu penuh, maka pada saat windows startup kita akan kelamaan menunggu. Format lagu atau suara yang bisa digunakan adalah berformat wav. Jadi untuk lagu mp3 harus di convert (diubah) terlebih dulu ke format wav.

Setelah anda menyiapkan lagu atau suara yang akan dipakai, silahkan buka control panel, klik pada menu sounds and audio devices, pilih tab sounds, di kolom program event, cari start windows (windows pertama kali dihidupkan) dan exit windows (saat windows dimatikan). Untuk mengganti suaranya klik pilihan tadi lalu pilih browse. Kemudian masukkan lagu yang sudah anda siapkan lalu klik OK.

Untuk mengetahui hasilnya anda bisa restart computer. Anda juga bisa berkreasi dengan mengganti suara pada program event lainnya sesuai selera anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar