Selasa, 16 Agustus 2011

Apa Itu Webcast?

Video Webcast merupakan tipe paling umum dari webcast, yang kemudian diikuti oleh audio webcast, di mana hanya merupakan suara saja.

Pada video webcast, seseorang atau entitas merekam menggunakan sebuah webcam, dan video di-streaming pada Internet. Biasanya video webcast dilakukan dengan tambahan musik, namun penyampaian berita, pertemuan (meeting) investor, debat dan berbagai macam event lainnya juga merupakan bentuk video webcast yang umum. Jika webcaster ingin menggunakan konten dengan hak cipta (copyrighted material), seringkali terdapat lisensi spesial (special license) juga.

Webcasting melibatkan proses rekaman (recording) seseorang atau sesuatu dan menampilkan hasil recording secara online. Kebanyakan orang lebih memilih menggunakan atau melihat video webcast ketimbang menggunakan audio webcast. Hal ini dikarenakan video webcat memberikan webcaster lebih banyak kebebasn untuk menampilkan apa saja yang mereka inginkan, dan video jauh lebih menarik dibandingkan hanya sekedar audio semata.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, webcaster terkadang mungkin ingin menampilkan copyrighted material. Konten yang ditampilkan ini dapat berupa musik yang dimainkan di belakang atau background mengiringi webcaster, buku, atau sumber media lainnya yang relevan dengan topik yang sedang ditampilkan. Agar tidak melanggar hak cipta, beberapa perusahaan memiliki lisensi khusus untuk webcasting, sehingga webcaster dapat mengetahui apa yang dapat atau tidak dapat dilakukan pada sebuah video webcast.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar