Senin, 22 Agustus 2011

Tips Cepat Untuk Membuat Meta Tag Pada Posting Blogger

Cara Cepat Membuat Meta Tag
Meta tag adalah diantara bagian terpenting untuk membatu suatu blog dapat terindex oleh mesin pencari. Tanpa adanya meta tag, maka mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan beberapa mesin pencari lainnya akan sangat kesulitan untuk dapat meng-crawl blog tersebut.

Meta tag memiliki berbagai fungsi dan juga skema penerapan, ada meta deskripsi yang perannya adalah untuk memberikan deskripsi kepada mesin pencari tentang karakter suatu blog. Kemudian ada juga meta keyword. Meta keyword berperan untuk memberikan informasi pada mesin pencari tentang konten-konten yang termuat dalam suatu blog.

Selain dari kedua meta diatas, masih terdapat juga meta lainnya untuk melengkapi introducing suatu blog terhadap mesin pencari, meta tersebut adalah meta tag. Selain dari meta deskripsi dan keyword, meta tag juga memiliki nilai yang sama pentingnya, karena pada dasarnya meta tag juga berperan untuk memberi penjabaran kepada mesin pencari sehingga dengan demikian jati diri suatu blog akan menjadi lebih dikenal.

Meta tag, sebagai pengguna blogger, mungkin diantara kita masih ada yang asing dengan istilah ini, karena seorang pengguna blogger tidak disajikan fitur yang satu ini. Lain halnya dengan pengguna wordpress yang memang sudah bisa menikmati fitur plugin meta tag. Untuk dapat membuat meta tag pada blogger kita harus berkreasi sendiri.

Bagaimana cara membuat meta tag pada blogger?

Berikut ini alternative mudah untuk membuat meta tag pada setiap posting di blogger.
  1. Gunakan web browser Mozilla firefox
  2. Install Greasemonkey
  3. Seusai anda menginstal Greasemonkey, maka secara otomatis anda akan menjumpai Append tags pada halaman posting composer blogger anda.
  4. Masukkan tag seperti yang anda kehendaki, pisahkan dengan koma (,)
Catatan:
Jika tidak ada perubahan pada halaman posting composer seusai anda melakukan instalasi Greasemonkey, berarti versi Mozilla firefox yang anda gunakan tidak compatible dengan versi Greasemonkey yang anda install, jadi anda harus melakukan update.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar