Kamis, 08 September 2011

Analisa Penyebab Loading Blog Lambat

Jika kita perhatikan, blog tentunya terdiri dari berbagai elemen. Seperti sebuah rumah, terdapat susunan batu-bata, kaca, genteng, besi dan sebagainya hingga terbentuklah sebuah rumah. Begitupun dengan blog, terdiri bermacam elemen yang akhirnya akan terlihat seperti sebuah rumah. Memuat konten-konten grafik, text, link hingga audio.

Jika sebuah rumah akan menjadi sempit ketika banyak barang yang tersimpan atau dimuat dalam rumah tersebut, maka blog juga akan menjadi sangat lambat saat dibuka ketika terlalu banyak konten yang dimuat, baik itu konten yang berekstensi grafis, text maupun audio.

Dari berbagai elemen yang termuat dalam suatu blog, javascript merupakan bagian dari elemen tersebut yang dalam hal ini memang tidak bisa dipisahkan dari blog. Javascript adalah sebuah program yang memuat unsur perintah untuk menghasilkan suatu objek atau design. Seperti pada saat kita hendak menambahkan suatu gadget, maka seringkali kita akan menggunakan kode javascript untuk menampilkan gadget tersebut.

Setelah saya cermati, tentunya hal ini berdasarkan pengalaman saya, javascript bisa memicu lambatnya loading suatu blog ketika blog tersebut terlalu banyak memuat konten javascript. Meski lambatnya loading suatu blog tidak mutlak disebabkan oleh javascript, akan tetapi javascript memang sangat berpengaruh.

Dari analisa ini, ada baiknya jika kita meminimalisir penggunaan javascript guna optimasi loading blog kita. Kecepatan loading adalah salah satu bagian terpenting yang perlu kita perhatikan guna membuat visitor merasa nyaman saat berkunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar