Sabtu, 17 September 2011

Tips Meningkatkan Kemanan Komputer dan Internet

Security atau keamanan adalah salah satu faktor terpenting yang harus selalu kita prioritaskan sebelum memulai aktifitas online atau sederet pekerjaan lainnya yang menggunakan perangkat komputer.

Berikut ini beberapa alternatif untuk meningkatkan keamanan anda sebagai seorang netter baik itu dalam keadaan online maupun offline:


  • Gunakan software keamanan yang sudah terpercaya, misal: Microsoft Security.
  • Senantiasa waspada saat memberikan ID email ke situs-situs tertentu, misalkan saat anda hendak membuat sebuah akun disebuah website yang kurang dikenal dimana anda diminta untuk memasukkan alamat email.
  • Pakailah kombinasi yang bagus pada saat membuat password. Hindari penggunaan nama Anda atau kata sederhana seperti ‘tidaksuka’. Password seperti ini sangat pendek dan mudah diacak.
  • Perhatikan saat anda hendak menginstal sebuah program/aplikasi, jangan meng-klik selain yang anda perlukan, karena hal tersebut bisa membuat anda terjebak oleh program-program jahat, seperti malware, dsb.
  • Jika anda penggemar situs-situs jejaring social, seperti facebook, twitter, myspace, dll. Pastikan anda cukup seksama dalam menerima setiap permintaan pertemanan dari orang yang anda belum kenal. Dan perhatikan setiap permintaan-permintaan yang masuk lainnya sebelum anda memutuskan untuk menerimanya.
  • Anda harus extra hati-hati dengan program/software gratisan yang anda download dari hosting gratis, seperti 4shared.com, ziddu.com, dan beberapa hosting gratis lainnya. Karena program/software yang anda download secara gratis dari hosting-hosting gratis tersebut sangat riskan akan virus dan malware.


*Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar