Senin, 12 September 2011

Perbedaan Sederhana Alexa Rank Google Page Rank

Google dan Alexa adalah dua situs raksasa yang masing-masing memiliki peran penting dijagat maya ini. Google, seperti yang kita ketahui merupakan raksasa mesin pencari yang popularitinya sangat luar biasa. Setiap pengguna internet pasti mengenal yang namanya Google, bahkan mereka yang belum sempat mengenal dunia World Wide Web pun bisa jadi sudah sempat dengar yang namanya Google.

Alexa tidak kalah hebatnya, anak situs Amazon.com ini juga sangat familiar bagi kalangan pengguna internet. Jika dilihat dari perjalanannya Alexa dan Google memiliki sedikit perbedan. Google yang dari awal lebih condong ke Search Engine (mesin pencari), lain halnya dengan Alexa. Namun, dari sepercik perbedaan riwayat tersebut saat ini kedua situs ini bisa dibilang memiliki peran yang hampir benar-benar sama, mungkin yang membedakan hanyalah dari sisi teori dan skalanya.

Kembali ke pembahasan Rank, apa yang membedakan diantara keduanya?

Secara sederhana apa yang membedakan antara Alexa dan Google terkait pemberian Rank untuk suatu website/blog adalah metode yang mereka gunakan. Jika Google lebih terpengaruh oleh jumlah backlink yang dimiliki oleh suatu situs, maka lain halnya dengan Alexa. Alexa menentukan Rank suatu situs secara garis besar adalah berdasarkan total trafiknya. Artinya, semakin sibuk trafik dalam situs tersebut, maka semakin baik pula Rank-nya.

*Demikian, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar