Sabtu, 17 September 2011

Hapus Data Pribadi Dari Internet / Search Engine

Internet adalah salah satu tempat dimana banyak kita jumpai data-data pribadi mengenahi seseorang berserakan, dan alasannya pun beragam.

Bagaimana jika kita hendak menghapus data-data penting milik kita? Apakah bisa dilakukan?

Google, atau pun Search Engine lainnya mengumpulkan informasi yang kemudian nantinya akan disajikan dalam hasil telusur setelah adanya perintah pencarian yang dilakukan oleh seorang pengguna internet pada saat browsing adalah dari berbagai sumber. Artinya, setiap informasi yang anda dapat dari hasil telusur Google bukanlah murni dari Google.

Contoh, anda memasukkan sebuah informasi mengenahi anda kedalam sebuah situs, sebut saja nama situs tersebut dataku.com, kemudian situs ini menambahkan semua isi/konten websitenya ke index Google, maka secara otomatis data-data tentang anda yang anda masukkan ke situs dataku.com tadi akan diketahui oleh Google. Kemudian data-data tersebut akan dimunculkan oleh Google jika ada seseorang/pengguna internet yang mencarinya.

Jika kondisinya demikian, maka Google tidak bertanggung jawab/dapat anda mintai untuk menghapus data-data anda tadi.

Solusinya adalah, lakukan kontek dengan webmaster dataku.com untuk meminta penghapusan data-data anda. Setelah webmaster dari situs dataku.com menghapus data-data tentang anda tadi, maka Google secara otomatis juga akan menghapus data-data anda tadi.

Lalu bagaimana jika data-data tadi tidak melibatkan pihak ketiga, atau dalam hal ini langsung berhubungan dengan Google?

Jika kondisinya demikian, maka proses penghapusan data-data anda akan lebih mudah dan cepat. Anda tinggal membuka akun Google anda kemudian cari tahu dari mana data-data tersebut dulunya anda terbitkan. Contoh, anda memasukkan foto anda ke album picassa. Untuk dapat meng-upload file foto ke album picassa anda harus masuk menggunakan akun gmail anda. Pada saat anda hendak menghapus file foto anda tadi, anda tinggal masuk/login ke album picassa dengan menggunakan akun gmail anda lalu masuk ke menu album dan kemudian hapus foto-foto yang ingin dihapus.

*Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar