Kamis, 08 Desember 2011

Definisi dan Fungsi svchost.exe

Svchost.exe, jika kita membuka windows taskbar dan memperhatikan beberapa proses yang sedang berjalan di komputer, maka kita akan menjumpai beberapa svchost.exe yang sedang aktif. Tidak hanya satu-dua svchost.exe tetapi cukup banyak svchost.exe yang sedang running/berjalan.

Apa itu svchost.exe? apa kegunaan svchost.exe untuk windows?

svchost.exe adalah proses nama host generik untuk layanan yang berjalan dari perpustakaan dynamic link.

Definisi dan Fungsi svchost.exe

Kenapa terdapat lebih dari satu svchost.exe aktif?

Perhatikan pada bagian service di Control panel, anda akan melihat terdapat banyak service yang dibutuhkan oleh windows. Jika setiap service tunggal bekerja di bawah svchost.exe, maka kegagalan dalam satu system tentunya akan mengakibatkan keseluruhan sytem windows failed (tidak bisa beroperasi), karena kondisinya demikian, maka untuk membuat windows dapat bekerja normal mereka harus terpisah.

Service tersebut diarahkan ke dalam sebuah logical group, kemudian svchost.exe tunggal diciptakan untuk setiap group atau kelompok. Suatu contoh, svchost.exe tunggal menjalankan dua Service yang berhubungan dengan Connection.

Untuk menghindari CPU Usage 100%, anda dapat mematikan layanan yang tidak diperlukan dengan menonaktifkan atau menghentikan service yang tidak mutlak dibutuhkan. Atau, anda dapat me-restart service yang sedang berjalan jika svchost.exe terlalu banyak menyita CPU Usage (pemakaian CPU).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar