Kamis, 22 Desember 2011

Kelebihan dan Kekurangan Web Browser

Kelebihan dan Kekurangan Web Brower
Kelebihan dan kekurangan masing-masing web browser. Sebagai pengguna internet kita diberikan banyak pilihan untuk memilih web browser sesuai dengan selera kita. Ada Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, dsb.

Selain dari ketiga web browser diatas, sebenarnya masih banyak lagi web browser yang bisa kita gunakan sebagai alat penjelajah halaman maya. Kali ini saya akan focus terhadap ketiga web browser tersebut, saya akan memberikan sedikit review mengenahi ketiganya.

Internet Exlorer, web browser ini terinstal satu paket dengan operating system (OS) Windows. Jika kita menggunakan OS Windows, maka kita sudah bisa menggunakan web browser Internet Explorer tanpa perlu melakukan proses instalasi. Berbeda dengan web browser Firefox dan Chrome, untuk menggunakan web browser Firefox dan Chrome kita harus menginstalnya terlebih dulu.

Internet Explorer, apa kelebihan dan kekurangan web browser milik Microsoft ini? Internet Explorer merupakan web browser yang ringan. Internet Explorer hanya menggunakan sedikit memory. Hal ini tentunya akan menguntungkan user dengan spesifikasi komponen computer yang standar. User tidak memerlukan computer dengan komponen berkelas untuk dapat menggunakannya. Sementara kekurangan dari web browser Internet Explorer adalah kurang compatible dengan beberapa halaman web. Jika anda seorang Blogger, maka anda bisa dengan seksama membedakan kemampuan baca halaman web Internet Explorer dengan web browser lainnya, seperti Firefox dan Chrome. Sebuah halaman web bisa dibaca dengan sempurna oleh web brower lain, sementara ketika anda menggunakan web browser Internet Explorer terdapat beberapa elemen web yang tidak bisa dibaca dengan sempurna. Dalam dunia blogging, blogger biasanya memasukkan script/kode konfigurasi agar blog mereka dapat dibaca dengan baik oleh Internet Explorer tanpa ada elemen tertentu yang missing/hilang.

Mozilla Firefox, sebagian netter (pengguna internet) terutama di Indonesia saat ini lebih memilih Firefox katimbang Internet Explorer. Apa keunggulan Firefox? Dalam beberapa sisi, Firefox lebih baik dibanding Internet Explorer. Jika Internet Explorer memiliki kelemahan dalam membaca halaman web tertentu, maka berbeda dengan Firefox. Web browser Firefox memiliki kemampuan baca halaman web yang baik. Hampir dari semua jenis halaman web mampu dibaca secara sempurna oleh Firefox. Mungkin ini juga merupakan salah satu alasan kenapa sebagian netter lebih memilih Firefox katimbang Internet Explorer. Selain itu, Firefox juga memiliki tingkat kompabilitas aplikasi web yang sangat baik. Lalu apa kekurangan dari web browser Firefox? Dari sisi kemampuan jelajah Firefox memang cukup baik, tetapi web browser Firefox terlalu menyita banyak memory. Kita hanya memerlukan sedikit space memory untuk menjalankan Internet Explorer, lain halnya dengan Firefox. Dengan menjalankan Firefox computer akan kehilangan banyak space memory sehingga computer akan menjadi sangat lambat bahkan hang ketika terdapat beberapa program/aplikasi aktif secara bersamaan dalam computer. Artinya, jika komponen computer kita standar sementara banyak program/aplikasi yang sedang sama-sama aktif, maka Firefox bukanlah pilihan yang tepat.

Googel Chrome, apa yang istimewa dari Google Chrome? Google Chrome adalah Web browser milik Google. Menyebut nama Google, hampir setiap produk milik Google tidak ada yang asing bagi pengguna internet. Sebut saja situs jejaring social, Google plus baru beberapa waktu lalu diorbitkan tetapi hanya dalam hitungan menit sudah melejit bak roket.

Web browser Google Chrome memiliki keistimewaan dalam hal inspeksi halaman web. Dengan menggunakan Google Chrome kita bisa dengan mudah mengetahui struktur halaman web. Hal ini akan memudahkan anda jika anda seorang desainer web atau pengelola blog. Anda bisa menginspeksi template suatu website/blog dengan mudah. Selain itu Google Chrome juga tidak terlalu banyak menyita memory, hanya saja masih kalah ringan dengan Internet Explorer. Keistimewaan lain dari Google Chrome adalah dalam hal kecepatan loading. Google Chrome bisa memuat halaman dengan lebih cepat dibanding Firefox. Kemudian untuk kecepatan download, Google Chrome memiliki speed download yang memang jauh lebih cepat dibanding Internet Explorer dan Firefox. Jika menggunakan Intenet Explorer ataupun Firefox, kita memerlukan aplikasi download manager untuk membuat speed download bisa berjalan stabil, sementara dengan menggunakan Google Chrome kita tidak lagi mengandalkan aplikasi download manager untuk memperoleh speed download yang baik.

Sebenarnya dalam memilih web browser hal tersebut tentunya juga berdasarkan tingkat kebutuhan, keperluan kita online untuk apa? Apakah Internet Explorer dengan segenap kelebihan dan kekurangannya sudah sesuai dengan tingkat kebutuhan kita? atau kebutuhan aktifitas online kita mengajak kita untuk memilih diantara Firefox dan Google Chrome.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar