Rabu, 28 Desember 2011

Rahasia Alexa Rank Dibalik Template Valid

Rahasia Alexa Rank Dibalik Template Valid
Rahasia alexa rank dibalik template yang valid akan sedikit saya urai pada posting kali ini. Untuk mendapatkan alexa rank sesuai target hal tersebut memerlukan beberapa usaha, seperti yang sempat dibahas sebelumnya bahwa nilai alexa rank yang kita dapat tidak hanya ditentukan oleh jumlah trafik. Selain karena faktor trafik, alexa juga mempertimbangkan sisi lain dalam memberikan ranking. 

Kita bisa lihat dan membandingkan bahwa banyak blog dengan jumlah pengunjung ribuan per hari, tetapi setelah kita coba membandingkan dengan blog lain yang jumlah trafiknya jauh lebih rendah blog yang memiliki trafik cukup tinggi justru rankingnya berada dibawah blog yang memeiliki trafik rendah. Ini tentunya memberikan pemahaman dengan jelas terhadap kita bahwa masih banyak materi pertimbangan lain yang digunakan alexa untuk menentukan ranking suatu blog.

Sering kali kita baca artikel-artikel seputar upaya untuk meningkatkan alexa rank dari para bloger senior kita, mulai dari upaya meningkatkan alexa rank yang bersifat sederhana, seperti memasang widget alexa, memasang toolbar alexa dan sebagainya.   Memasang widget dan toolbar alexa kita sebut sebagai bentuk usaha yang sederhana, karena hal tersebut mudah dilakukan dan tidak memerlukan kepiawaian apapun, berbeda dengan SEO yang tentunya memiliki tingkat kerumitan yang tidak mudah dipecahkan, butuh kesabaran, konsistensi dan terus menggali serta belajar.

Jika upaya untuk mendapatkan alexa rank yang baik tidak hanya ditentukan oleh jumlah trafik, memasang widget, memasang toolbar, menulisartikel seputar alexa dan beberapa upaya terkait lainnya, lalu apalagi yang harus kita perhatikan untuk bisa mendapatkan alexa rank yang baik?

Untuk mendapatkan alexa rank yang baik ternyata seorang blogger juga membutuhkan sebuah template yang valid. Validasi template ternyata tidak hanya dibutuhkan oleh search engine untuk memperoleh hasil crawl yang maksimal, tetapi validasi template juga berimbas pada alexa rank. Mengapa penulis berasumsi demikian? Atas dasar apa keyakinan tersebut muncul? Ini berdasarkan pengalaman saya pribadi, saya memiliki sebuah blog baru (mengunakan hosting blogger.com)  anehnya,  blog ini dihari pertama dibuat alexa rank-nya sudah berada diangka 10 juta. Sehari berikutnya menjadi 7 juta, kemudian dihari berikutnya juga masih terus membaik,  padahal tidak ada usaha optimasi apapun yang saya lakukan dengan blog ini.  Dari pengalaman ini saya bisa mengambil kesimpulan bahwa validasi template blog tidak hanya dibutuhkan guna memudahkan proses crawl oleh search engine, tetapi juga untuk kepentingan lainnya termasuk untuk mendapatkan alexarank yang baik.

Penilaian penulis bahwa validasi template dapat memaksimalkan upaya untuk mendapatkan alexa rank yang baik mungkin saja tidak mutlak benar, tetapi poin yang perlu kita perhatikan disini adalah “bagaiama mungkin sebuah blog baru tanpa usaha optimasi apapun lantas mendapatkan alexarank yang baik?!” tentunya ada hal lain yang relevan untuk dijadikan  alasan, dan dalam hal ini adalah kevalitan template yang dipakai oleh blog itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar