Selasa, 05 Juli 2011

Definisi Operating System (OS)

Apa yang dimaksud OS atau Operating System?
OS (Operating System) dalam konteks bahasa Indonesia, OS adalah system operasi. System operasi adalah nyawa dari semua gadget/perangkat yang berbasis computer. Bak manusia, setampan dan secantik apapun tanpa nyawa jasad mereka tidak akan berarti apa-apa. Jadi, dengan adanya OS maka suatu gadget/perangkat dapat difungsikan.

Computer, terdapat beberapa jenis OS untuk computer seperti Windows, Mac dan juga Linux. Masing-masing OS memiliki kelebihan dan kekurangan . Windows lebih banyak digunakan karena memiliki sederet fitur yang memudahkan usernya. Linux, digemari karena OS ini adalah open source. Sementara Mac dipilih karena fitur dan kemampuannya hampir menyamai Windows.

OS disebut juga Platform Software yang terdiri dari program utama dan program Low-Level yang mengatur operasi dasar komputer. Kumpulan program ini menyediakan layanan kontrol terhadap sumber daya komputer.
Secara khusus, OS menangani kontrol dan penggunaan sumber daya perangkat keras, seperi disc-room, memory, processor, dan perangkat tambahan lain, seperti mouse, printer, dan lain-lain.

Apa saja fungsi OS? Seperti halnya namanya, pastinya OS memiliki banyak peran , karena ia adalah kendali utama untuk menghidupkan semua komponen computer.
Secara dasar, OS melakukan tugas seperti menyediakan tempat untuk instalasi software/program yang compatible dengannya, mengenali input dari keyboard, mengirimkan output ke layar monitor, melacak file dan mengendalikan perangkat-perangkat yang berhubungan dengan komputer.

Detail fungsi OS meliputi:

• Pengaturan Processor, yaitu mengatur processor untuk dapat dijalankan oleh
system komputer.

• Pengaturan Memori, yaitu mengatur pembagian dan mengirimkan instruksi dari memori utama dan tempat penyimpanan lain ke system komputer.

• Pengaturan Input/Output, yaitu koordinasi dan penugasan dari berbagai perangkat input/output ketika satu atau lebih program sedang dieksekusi atau dijalankan.

• Pengaturan File, yaitu mengatur penyimpanan file dari berbagai tempat ke perangkat penyimpanan lainnya. Juga memungkinkan semua file dapat dengan mudah diubah dan dimodifikasi dengan menggunakan text editor atau dengan lainnya.

• Menjalankan system prioritas, yaitu menentukan urutan pekerjaan yang harus dilaksanakan dalam system komputer, mulai dari yang paling utama, lalu yang kedua, dan seterusnya.

• Interpretasi atau penerjemahan perintah-perintah dan instruksi-instruksi.

• Sebagai fasilitator komunikasi antara system komputer dan komputer operator (manusia).

• Bertanggung jawab atas keamanan data dan integritas.

• menyelesaikan berbagai masalah-masalah dalam komputer, dan menjaga bagian-bagian dari system agar tetap aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar