Jumat, 22 Juli 2011

Tips Mudah Memilih Template

Untuk mengganti template blog/website yang dibutuhkan tidak hanya sekedar factor design semata. Banyak perihal lain yang juga menjadi prioritas sebelum kita memutuskan untuk memilih suatu template. Factor design memang menjadi alasan yang sangat kuat kenapa seorang admin dari suatu blog/website berkeinginan untuk mengganti template, namun selain design kita juga diharuskan untuk member prioritas pada unsur-unsur yang lain, seperti :

  1. Pilihlah template yang SEO friendly. Dengan memilih template yang SEO friendly, maka tentunya blog/website anda juga akan lebih mudah untuk bisa dideteksi oleh mesin pencari, seperti Google, Yahoo, Bing dan sebagainya.

  2. Karena template itu sendiri diciptakan dengan berbagai bahasa pemograman, maka pilihlah bahasa pemograman yang sesuai dengan kemampuan anda. Misalnya anda terbiasa menggunakan bahasa HTML, maka pilihlah template yang berbasis HTML.

  3. Pilihlah template yang sesuai dengan provider blog anda. Jika anda membuat blog di Google (Blogger), maka design blog yang anda pilih harus yang compatible dengan blogger.

  4. Pilih template yang terdiri dari 2 hingga 4 kolom. Hal ini bertujuan agar blog anda nantinya akan terlihat lebih variatif.

  5. Perhatikan, setelah anda selesai memasang template baru, terkadang ada beberapa elemen halaman yang tidak muncul seperti pada saat sebelum anda mengganti template. Jika ini terjadi makan yang perlu anda lakukan adalah :

  6. • Masuk ke dasbor, kemudian lakukan pengecekan pada setiap gadget/widget.

    • Periksa script pada bagian-bagian yang bermasalah.

    • Lakukan pengeditan seperlunya pada script penyebab element page bermasalah.

1 komentar: